Profil lulusan (PL) menggambarkan peran yang diharapkan dapat dijalankan oleh lulusan program studi di masyarakat atau dunia kerja. Dalam konsep Pendidikan Berbasis Capaian (Outcome Based Education/OBE), istilah yang digunakan adalah PEO (Programme Educational Objective). Penyusunan profil lulusan didasarkan pada standar lulusan pendidikan tinggi, visi dan misi universitas, fakultas, dan program studi. Selain visi dan misi, profil lulusan juga mempertimbangkan hasil tinjauan kurikulum sebelumnya dan masukan dari para pemangku kepentingan (stakeholder). Di samping itu, penyusunan profil lulusan juga memperhatikanperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kecenderungan perkembangan dunia industri yang mengharapkan agar lulusan mampu menjawab tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.
1. Alur Penetuan Profil Lulusan
Alur penentuan profil lulusan mengacu pada pada Panduan Kurikulum 2024 Universitas Telkom yang ditunjukkan pada Gambar 1 berikut :
Gambar 1. Alur Penentuan Profil Lulusan Universitas Telkom
Langkah-langkah menyusun profil lulusan seperti yang diilustrasikan pada gambar di atas adalah sebagai berikut :
a. Melakukan studi pelacakan (tracer study) kepada pengguna potensial yang
sesuai dengan bidang studi. Tracer study dan market signal dapat dilakukan
melalui Forum Group Discussion (FGD) ataupun dengan kuisioner.
b. Identifikasi peran lulusan berdasarkan tujuan diselenggarakannya program
studi sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Telkom. Melakukan benchmark
dengan program studi yang sama/sebidang yang diselenggarakan oleh
perguruan tinggi lain maupun yang diselenggarakan dalam Universitas
Telkom sehingga ada penciri umum program studi.
c. Referensi lain yang dipertimbangkan meliputi: kriteria akreditasi nasional dan
internasional yang diacu, hasil FGD dengan pakar-pakar sesuai bidang
keilmuan program studi, dengan industri yang disasar, dengan alumni yang
telah bekerja sesuai industri serta dengan unit internal/stakeholder. Selain itu
dapat juga dilakukan analisis berdasarkan histori capaian prestasi mahasiswa
Universitas Telkom yang dapat dijadikan sebagai salah satu input berharga
dari konstituen internal yang mempengaruhi penyesuaian dan penyempurnaan
kurikulum.
d. Semua data yang diperoleh dianalisis dengan metode SWOT untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman program studi
untuk memunculkan profil lulusan.
e. Pernyataan profil lulusan harus sesuai dengan bidang keilmuan/keahlian dari
program studinya.
2. Data dan Analisis
Dari alur penentuan profil lulusan di atas, maka tim melakukan review rangkuman
hasil data tracer study yang telah dilakukan mulai tahun 2021-2023. Data tersebut
meliputi:
a. Kesesuaian tingkat pendidikan dengan pekerjaan yaitu persentase lulusan yang bekerja sesuai dengan bidang studi. Pada kriteria ini dilakukan pengukuran berapa banyak lulusan yang bekerja dalam bidang yang sesuai dengan program studi. Kriteria kesesuaian tingkat pendidikan meliputi 4 (empat) pilihan yaitu setingkat lebih rendah, setingkat lebih tinggi, tidak perlu pendidikan tinggi, dan tingkat yang sama, yang diperlihatkan pada Tabel 1 berkut :
Tabel 1. Persentase Responden Lulusan Tracer Study Pada Kriteria Kesesuaian Tingkat Pendidikan Dengan Pekerjaan
b. Keeratan yaitu persentase kompetensi lulusan yang diperoleh di program studi dengan tempat kerja. Pada kriteria ini dilakukan pengukuran sejauh mana kompetensi yang diperoleh selama studi membantu lulusan dalam melaksanakan tugas mereka di tempat kerja. Kriteria keeratan terdiri dari 5 (lima) pilihan yaitu cukup erat, erat, kurang erat, sangat erat, dan tidak sama sekali.
Tabel 2 menunjukkan fluktuasi persepsi lulusan mengenai relevansi kompetensi dengan pekerjaan. Mayoritas lulusan merasa kompetensi yang diberikan relevan. Hal ini ditunjukkan pada kenaikan persentase kriteria sangat erat dari tahun 2021 ke 2022, serta kriteria erat dan cukup erat dari tahun 2022 ke 2023. Namun, persentase pada kriteria sangat erat menurun dari tahun 2022 ke 2023. Hal ini menjadi catatan bagi tim kurikulum untuk melakukan evaluasi dan perbaikan kompetensi untuk kurikulum 2024. Evaluasi dan perbaikan kompetensi dilakukan melalui kegiatan forum group discussion dengan pihak industri untuk menerima masukan terkait kebutuhan dan perubahan yang terjadi di industri.
Tabel 1. Persentase Responden Lulusan Tracer Study
Pada Kriteria Keeratan Kompetensi Lulusan Dengan Tempat Kerja
Selain kesesuaian tingkat pendidikan dan keeratan kompetensi lulusan, penentuan profil lulusan juga dapat mempertimbangkan kategori pekerjaan yang paling banyak dipilih atau diminati oleh lulusan. Gambar 2 menunjukkan kategori pekerjaan yang banyak dipilih oleh lulusan, meliputi bidang Finance, Telekomunikasi, Biro Jasa, Konsultan IT, dan Teknologi Digital. Sedangkan Gambar 3 menunjukkan lokasi perusahaan sebagai tempat bekerja lulusan. Dari gambar tersebut, lulusan program studi lebih banyak bekerja di perusahaan yang bergeran di teknologi informasi.
Gambar 2. Bidang/Sektor Tempat Bekerja Lulusan
Gambar 3. Bidang/Sektor Tempat Bekerja Lulusan
3. Profil Lulusan
Pernyataan profil lulusan merupakan susunan kata benda yang kemudian perlu ditetapkan kemampuan yang diturunkan dari profil tersebut. Universitas Telkom mengharuskan program studi untuk mendefinisikan 3 (tiga) profil lulusan yang wajib ada, diantaranya entrepreneur, studi lanjut, dan juga profil yang disesuaikan dengan kemampuan yang dicapai berdasarkan kekhasan program studi. Berdasarkan hal tersebut, profil lulusan program studi D3 SI dapat dilihat pada Tabel 3.
Kode | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
---|---|---|
PL-01 | Tenaga terampil di bidang pengembangan aplikasi web dan mobile dengan antarmuka yang menarik dan interaktif selaras dengan proses bisnis organisasi | Lulusan mampu:
|
PL-02 | Tenaga terampil di bidang pengembangan aplikasi web dan mobile yang didukung oleh kemampuan ilmu data sebagai solusi berbasis komputasi | Lulusan mampu:
|
PL-03 | Tenaga terampil di bidang analisis dan pengembangan informasi | Lulusan mampu:
|
PL-04 | Tenaga terampil di bidang kewirausahaan dan pengembangan bisnis | Lulusan mampu:
|