Dengan ini kami umumkan Alternatif Bentuk Kegiatan pada Masa Darurat Covid 19.
- Ketentuan
- Mahasiswa telah mengambil matakuliah Kerja Praktek (KP) pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dan tercantum pada KSM;
- Mahasiswa belum diterima KP di instititusi manapun;
- Dapat dilaksanakan secara berkelompok;
- Kegiatan KP dapat dilaksanakan secara online/Work From Home;
- Berlaku ketentuan KP sebagaimana ditetapkan oleh LKM.
- Alternatif Bentuk Kegiatan KP
Dengan terbatasnya kesempatan KP di perusahaan/instansi dikarenakan darurat Covid-19, maka mahasiswa dapat melaksanakan alternatif kegiatan berikut :
- Mahasiswa berkolaborasi dengan dosen Prodi D3 SI di bidang akademik, seperti : pembuatan content celoe, pembuatan modul, menyusun Buku Ajar, atau bentuk lainnya;
- Menjadi pembicara pada seminar online atau webinar;
- Mengikuti event lomba atau membuat paper/karya ilmiah di bawah bimbingan dosen Prodi D3 Sistem Informasi;
- Terlibat dalam penelitian, PkM, atau program hibah lainnya di bawah binaaan dosen Prodi D3 SI;
- Membuat content youtube dengan durasi minimal 10 menit Tentang : review/tutorial penggunaan Aplikasi, review hardware, tips dan trik dalam pemrograman;
- Kursus online bersertifikat yg diselenggarakan oleh coursera, Udemy, Microsoft – Azure certification, Oracle University – Cloud Infrastructure and Autonomous Database, Sololearn, Pluralsight (Plus link di publish), dengan tautan :
- Coursera – Cloud courses : https://lnkd.in/fTCXqFm
- Udemy : https://www.udemy.com/
- Microsoft – Azure certification: https://lnkd.in/g4E6FfJ
-
- Oracle University – Cloud Infrastructure and Autonomous Database : https://lnkd.in/fVBv9KT
- Sololearn – All Training : https://lnkd.in/fYHT27z
- Pluralsight – All Training : https://lnkd.in/djPvKDe
- Masuk tim StartUp di bawah binaan BTP, StartUpHub, atau Lembaga resmi lainnya (atas arahan pembimbing KP)
- Ketentuan Pengajuan KP
- Mahasiswa konsultasi dengan Dosen Pembimbing tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mendapat persetujuannya;
- Buat Surat Permohonan KP kepada LKM, Surat ditujukan kepada Ketua Program Studi D3 Sistem Informasi Universitas Telkom;
- Surat dikirimkan via email ke alamat : vokasi@tass.telkomuniversity.ac.id.
- Penilaian KP
- Nilai B diberikan kepada peserta KP di Unit Prodi/KK dengan membuat produk berupa : aplikasi; modul praktikum, KI, paper, UI/UX, Poster (sesuai kategori gemastik/PKM Mhs), atau karya lainnya.
- Nilai B tersebut dapat ditingkatkan menjadi :
- AB apabila produknya di Submit mengikuti lomba Nasional dan meraih sertifikat sebagai peserta;
- A apabila produk berupa Paper accepted, meraih juara pada lomba tingkat Nasional, atau finalis lomba Internasional;
- Bila produk mahasiswa tidak masuk kategori a ataupun b, namun dinilai dosen pembimbing memiliki kualitas bagus, maka nilainya dapat di upgrade ke nilai maksimal AB.
- Pembimbing KP
KP internal hanya dibimbing oleh pembimbing akademik, dimana nilai 100% dari dosen. Daftar pembimbing KP terlampir.