[PKM 2019-1] : PKM 2019-1 Pelatihan Hypnoteaching Yayasan Nurul Falaah Soreang

Pengabdian kepada Masyarakat (abdimas) merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh para dosen. Kegiatan ini bisa diinisiasi oleh dosen ataupun mitra di luar kampus yang berawal dari permasalahan atau kebutuhan di lingkungan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, tim dosen dari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom bermitra dengan Yayasan Nurul Falaah dalam melaksanakan kegiatan abdimas, yaitu pelatihan Digital Hypno Teaching Super Parenting untuk Mendidik Anak di Era Digital dengan Mengaktifkan Teknologi Pikiran Bawah Sadar bagi Guru dan Pengurus Yayasan Nurul Falaah Soreang Kabupaten Bandung. Pelatihan telah terlaksana pada tanggal 4 April 2019 yang bertempat di lingkungan Yayasan Nurul Falaah dengan pembicara Ibu Suryatiningsih, S.T., M.T., OCA., C.Ht.

Selama ini guru di Yayasan Nurul Falaah masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional dalam proses mengajar di kelas. Secara umum yang dimaksud dengan metode pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran dengan cara guru ceramah, dimana peran guru di sini aktif dan peserta didik cenderung pasif. Ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa metode tersebut sudah tidak layak digunakan, hingga kini muncul metode pembelajaran baru. Metode yang dimaksud yaitu metode pembelajaran hypno teaching. Metode pembelajaran yang penyampaian materinya dengan mengaktifkan teknologi pikiran bawah sadar. Metode yang mampu memunculkan ketertarikan tersendiri pada setiap peserta didik.

Yayasan Nurul Falaah akan berkembang dengan pesat jika di dalamnya terdapat guru sebagai Sumber Daya Manusia yang mampu memiliki kinerja bagus untuk mengembangkan yayasan tersebut. Dan SDM yang potensial tentunya selalu didukung oleh keluarga yang harmonis dan putra-putri yang tumbuh dan berkembangan dengan baik. Terkadang permasalahan keluarga bisa menyebabkan kinerja seseorang menjadi tidak optimal bahkan cenderung menurun. Kegiatan abdimas ini bertujuan meningkatkan pontensi dan kinerja SDM guru dan pengurus Yayasan dalam mendidik siswa, membangun keharmonisan keluarga dan pengasuhan anak. Penyelenggaraan pelatihan ini ringan dan tepat guna serta langsung bisa dipraktekan untuk efektivitas pembelajaran di kelas dan keharmonisan rumah tangga.

Para guru dan pengurus yayasan sangat antusias selama mengikuti pelatihan. Banyak hal baru yang menjadi tambahan wawasan bagi para peserta tentang konsep dasar hypno, konsep dasar pengajaran dengan hypno teaching, pola komunikasi pengajaran dengan hypno teaching, dan cara-cara mengajar siswa dengan metode hypno teaching. Selain teori yang disampaikan, para peserta pelatihan juga mendapatkan langkah-langkah praktis yang dapat dipraktekkan langsung di kelas dalam proses pengajaran. Yayasan Nurul Falaah berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

2

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *