Pengabdian Kepada Masyarakat Bekerjasama dengan Masjid At-Taqwa: Pelatihan Cloud Storage Memanfaatkan Google Drive dan Dropbox

Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Masjid At-Taqwa pada tanggal 13 Maret 2019 diselenggarakn untuk guru-guru Madrasah Diniyah. Pelatihan kali in mengangkat tema pemanfaatan cloud storage dan manajemen pekerjaan menggunakan Dropbox dan Trello. Materi ini diberikan untuk membantu para guru Madrasah dalam memanfaatkan cloud storage yang disediakan oleh Google Drive maupun Dropbox untuk menyimpan berkas penting. Selain untuk memberikan kesadaran mengenai pentingnya pengunaan cloud storage, para peserta juga dibekali pengetahuan bahwa usia perangkat keras yang dipakai, baik itu smarphone maupun laptop, tidak bisa lebih dari 10 tahun. Mengandalkan media penyimpanan pada kedua perangkat tersebut bukanlah hal yang bijak.

WhatsApp Image 2019-04-24 at 09.09.57

Selain membahas mengenai cloud storage, materi pelatihan ini juge membahas mengenai Google Office. Materi ini diberikan untuk memperkenalkan alternatif dari Microsoft Office. Mengingat harga Microfost Office yang cukup mahal dan seringkali tidak terjangkau, diharapkan peserta mampu menggunakan Google Office untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, khususnya yang berkaitan dengan administrasi.

Selain memberikan materi, kegiatan Pengabdian masyarakat kali ini juga melakukan pemasangan CCTV pada masjid.

WhatsApp Image 2019-04-24 at 09.10.09WhatsApp Image 2019-04-24 at 09.10.11

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama antara pemateri dan peserta.

WhatsApp Image 2019-04-24 at 09.10.19

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *